TDL Naik Lagi


Kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) sudah diketok, DPR dan Pemerintah sudah sama sama sepakat dengan TDL yang baru. Telah disepakati tahun 2013 ini TDL naik 15 % dan dinaikkan secara bertahap per triwulan. Sebagai tukang listrik negara sebenarnya kenaikan  TDL ini tidak ngaruh dengan rutinitas saya. PLN sebagai perusahaan yang mengelola listrik di Indonesia tidak terlalu terasa efek dari kenaikan TDL ini. Kalaupun TDL tidak naik, kemudian selisih Biaya Pokok Penyediaan (BPP) dan TDL terlalu tinggi, toh akan ditutupi oleh subsidi. Subsidi listrik adalah konsekuensi dari TDL yang ditentukan oleh Pemerintah. Karena ini adalah amanat konstitusi, dalam Pasal 33 ayat (3) UUD 1945 disebutkan : bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Walau tidak disebutkan secara langsung, namun listrik dibangkitkan dari "bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya", sehingga Listrik harus dikuasai negara, diatur oleh negara.

Namun demikian, kadang saya merasa sakit hati ketika ada yang menyatakan listrik yang dijual PLN ini harganya mahal. PLN, dan rata rata perusahaan listrik di dunia ini menjual energi listrik per kWh atau kilo watt hour. 1 kwh itu energi yang cukup besar, karena 1 kWh itu cukup untuk menyalakan TV selama lebih dari 5 jam, bayangkan hiburan yang bisa didapatkan. 1 kWh itu juga cukup untuk menyalakan setrika selama lebih dari 3 jam, bayangkan berapa banyak baju yang bisa rapi karenanya. 1 kwh itu cukup untuk menyalakan lampu hemat energi untuk menerangi kamar, selama lebih dari 40 jam.


Berapa Pemerintah meminta PLN menjual listrik per 1 kwh? Menurut TDL 2013 ini TDL per kWh untuk perumahan daya 900 VA itu seharga Rp 605, sedangkan daya 450 VA malah cuman Rp 415. Menurut saya terlalu kebangetan kalau listrik dikatakan mahal.

Oh ya, kalau mau tau TDL 2013 ini dapat di download disini.

Karena Fahmi meminta perbandingan tarif listrik beberapa negara maka berikut saya tampilkan data yang saya punya :
Grafik Perbandingan Tarif Listrik Beberapa Negara (data Maret 2012)

5 comments:

  1. bandingkan dnegan harga listrik negara sebelah mas..

    ReplyDelete
  2. Udah aku update tuh Mi.... jadi ada perbandingan dengan negara sebelahnya. Walau data lama (Maret 2012)

    ReplyDelete
  3. negara sebelah mah kaya-kaya mas

    ReplyDelete
  4. jangan sampai lah kita beli pulsa per bulan 100.000 buat nelpon pacar merasa ringan, tapi kalau tarif dasar listrik kita merasa mahal.....

    ya...jangan sampai aja sih....

    semangat ya akang helmi....

    ReplyDelete
  5. Iye bro...semoga masyarakat juga sadar, bahwa bikin listrik nyala itu tidak mudah, apalagi gratis. semangat juga buat mu bro.

    ReplyDelete

Silahkan memberikan komentar, tolong gunakan kata kata yang sopan.
Bhs Indonesia, Boso Jowo, English.... tidak masalah

Powered by Blogger.

Mutiara Hikmah

Yang Sedang Banyak Dibaca

Shout Box

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Sahabat Bloggerku

Komentar Komentar Terbaru

International opportunities

Eramuslim

Web hosting for webmasters