Minggu cerah dan sympathetic trip




Semenjak berkerja sebagai penjaga listrik tetep menyala di salah satu wilayah di kabupaten Karawang, hari hari ku gak jauh dari berjuang menjaga listrik tetep nyala dan berusaha secepat mungkin menyalakan listrik yang padam akibat gangguan. 

Sekedar mengingatkan saja, PLN tempat saya bekerja adalah perusahaan penjual listrik. Jadi kami sangat berharap listrik tetep menyala agar kita bisa terus jualan listrik. Selain tidak bisa jualan listrik, padamnya listrik juga menimbulkan kerugian non finansial yang tidak sedikit. Berikut salah satu cerita perjuangan menyalakan listrik yang belum lama aku alami.

Ahad pagi yang cerah, seharusnya waktu yang nyaman untuk bersantai atau berlibur. Namun tidak dengan tanggal 8 Maret 2015, pukul 07.02 pagi itu secara mengejutkan kami mendapat berita “indah” dari dispatcher bahwa 3 penyulang (feeder) trip bersamaan, antara lain Neptunus, Sagitarius, dan Merkurius. (Kebetulan kami disini memberi nama penyulang dengan nama bintang atau benda benda di luar angkasa)
2 SKTM dan 1 SUTM, dan ketiga penyulang tersebut memasok pelanggan potensial. Hilangnya pasokan di pelanggan potensial tentu sangat merugikan PLN. Selain besarnya ENS (Energy Not Sales), hal ini juga sangat berdampak pada kepuasan pelanggan PLN dan berkurangnya citra PLN. Kalau kita coba membaca lebih luas lagi, padamnya pelanggan potensial akan sangat berpengaruh pada perekonomian, karyawan tidak bekerja, barang gagal produksi, kerusakan peralatan, dan masih banyak lagi.

Sekitar pukul 8 pagi maintenance salah satu telanggan industri yang dipasok Penyulang Neptunus, menelepon kami, dan menginformasikan bahwa kubikel dilokasinya meledak. Kemudian Tidak lama setelah itu petugas dinas gangguan menginformasikan bahwa ada info ledakan di gardu sakah satu gardu yang dipasok penyulang Sagitarius. Alhamdulillah, 2 penyulang dapat dinormalkan.

Tinggal 1 Penyulang lagi yang belum normal. Penyulang Merkurius adalah SKTM, gangguan GFR pada SKTM kemungkinan besar adalah gangguan pada joint kabel yang tahanan isolasinya tembus. Karena Pn Merkurius memasok 8 Gardu, maka pengusutannya cukup memakan waktu. Namun Alhamdulillah semua dapat normal jam  16.00. 

Kejadian ini biasa disebut Simpatetik trip. Simpatetik trip terjadi di penyulang dalam satu trafo GI, dengan salah satu gangguan GF (Ground Fault), umumnya terjadi karena kenaikan tegangan pada fasa yang sehat. Pada saat terjadi gangguan satu fasa ke tanah (GF), tegangan fasa yang sehat akan naik sebesar  √3 kali tegangan normal. Dengan kenaikan tegangan tersebut, maka peralatan jaringan dengan tahanan isolasi yang sudah mulai menurun akan terjadi flash over dan mengakibatkan gangguan.

1 comment:

  1. bergabung lah bersama kami situs judi bola online terbaik se asia ^_^

    https://detikbolapelangi.blogspot.com/2017/05/tak-dijamah-manusia-bekas-hotel-seks-di.html
    https://detikbolapelangi.blogspot.com/2017/05/barca-akan-habis-habisan-untuk-raih.html
    https://detikbolapelangi.blogspot.com/2017/05/kedapatan-bawa-golok-3-remaja-ditangkap.html

    ReplyDelete

Silahkan memberikan komentar, tolong gunakan kata kata yang sopan.
Bhs Indonesia, Boso Jowo, English.... tidak masalah

Powered by Blogger.

Mutiara Hikmah

Yang Sedang Banyak Dibaca

Shout Box

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Sahabat Bloggerku

Komentar Komentar Terbaru

International opportunities

Eramuslim

Web hosting for webmasters