Memahami Galau

Opini pribadi tentang istilah "Galau"

Kegalauan yang dirasakan seseorang bisa jadi menunjukkan seseorang sedang berfikir, bisa jadi berfikir tentang masa depan, berfikir tentang dakwah dan islam.
Kegalauan juga bisa jadi menunjukkan bahwa seseorang tersebut adalah orang yang peduli dengan perasaan orang lain, karena kegalauan sering pula terjadi karena memikirkan perasaan orang lain.

Sehingga, kegalauan tidak selalu merupakan hal yang negatif, bisa jadi kegalauan adalah suatu proses bahwa kita sedang berkembang menjadi lebih baik. Karena galau dapat pula terjadi karena kita memikirkan tentang masa depan kita yang lebih baik, bahkan bisa pula memikirkan masa depan ummat Islam yang lebih baik. Bila demikian, tidak ada salahnya menjadi galau, atau dalam kata lain, galau dalam kebaikan, hehe.

Namun, sejauh ini setahuku kebanyakan kegalauan terjadi karena memikirkan keinginan yang sifatnya sangat egoistis. Kegalauan hanya seputar keinginan pribadi atau capaian capaian pribadi yang seringkali sangat egoistis. Misal, ketika seseorang ingin menjadi sarjana, maka skripsi yang tidak selesai selesai merupakan sumber kegalauan. Atau ketika seseorang pengen segera mendapat pekerjaan namun berkali kali lamaran ditolak dapat pula menjadi sumber kegalauan. Ketika pengen segera menikah namun jodoh tak kunjung datang, hal ini juga sumber kegalauan pula. Atau sebaliknya, ketika kesiapan meinikah belum ada tetapi ajakan dan tawaran untuk menikah datang bertubi tubi, kegalauan justru dapat menjadi sangat akut. Selain itu kegalauan ternyata dapat pula terjadi hanya karena ingin memiliki suatu gadget tertentu namun uang untuk membelinya belum terkumpul.

Bentar benar....., dari awal nyebut galau galau terus, apa arti kata galau? Menurutku galau adalah rasa ketidakpastian yang terlalu dirasa rasakan. Sehingga Ketika terjadi ketidakpastian pada sesuatu yang diinginkan, kemudian ketidakpastian itu terlalu dirasa rasakan atau terlalu dipikirkan, maka itu namanya galau. Namun dikantor tempatku mengais rupiah, kutemui ada beberapa teman yang mengaku galau, bukan karena ketidakpastian, tapi justru kepastian. Tiap hari dia pasti berangkat jam 07.00 dan pulang pukul 16.30, tiap hari hal hal yang dilakukan di kantor juga pasti itu itu saja, oh... ternyata kepastian juga menimbulkan kegalauan. Duh, semakin susah saja kata galau ini didefinisikan.

Yang jelas, berbagai keinginan tentang masa depan tidak usah lah menjadi beban fisik dan pikiran, kapan menjadi kenyataan? bisa besok, bisa lusa ataupun tahun depan. Kapan keinginan kita terwujud itu sebenarnya bukanlah dimensi kita, namun dimensi Allah, wewenang Allah dan hak priogratif Allah.

Terus bagaimana seandainya kita sedang galau akan berbagai keinginan kita ?
Cukup berikan niat dan ikhtiar tebaik untuk mendapatkanya.

Notes ini terinspirasi oleh sms super seniorku, bagaimana ndak super senior...... makhluk Allah yang satu ini menjadi seniorku di kampus, di asrama bahkan sekarang menjadi seniorku di tempatku mengais rupiah..

Pare Pare, 2 Maret 2012

7 comments:

  1. siipp banyak. ternyata galau yang selalu dikaitkan dengan hal negatif ada positifnya juga.
    Intinya satu, berserah semuanya pada yang punya hidup.

    ReplyDelete
  2. Tergantung bagaimana kita mendefinisikan "galau" mbak Anis. Kalau galau memang didefinisikan keresahan, kegundahan, dan hilangnya semangat hidup karena asmara. Ya berarti galau adalah hal yang negatif.

    ReplyDelete
  3. Baca ulang.....#iseng (ngikutin yg kmarin iseng)

    ReplyDelete
  4. Baca ulang apa liatin fotoku? :)

    ReplyDelete
  5. Ha??? #Ga kepikiran gtu
    Malah kalo bs ganti aja ya :D , ama yg bgusan, eh...
    yg diliat tulisan ny dengan "sejarahny" ,
    btw kalo soal foto dlu ga tau itu ftomu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau gitu, tulisanku bermanfaat :)

      Delete
  6. Ga dulu, ga sekarang, tiap baca bhasan galaumu slalu kesindir..
    Kenyataanny org yg biasa galau slalu dpndang negatif..dan biasany mdh djauhi orang, krn lbh bnyak mnghabiskan waktu dg sia2 dbndingkan manfaat, mendengarny pun tdk mberi manfaat :)

    ReplyDelete

Silahkan memberikan komentar, tolong gunakan kata kata yang sopan.
Bhs Indonesia, Boso Jowo, English.... tidak masalah

Powered by Blogger.

Mutiara Hikmah

Yang Sedang Banyak Dibaca

Shout Box

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Sahabat Bloggerku

Komentar Komentar Terbaru

International opportunities

Eramuslim

Web hosting for webmasters