Diberi Tanggung Jawab Itu Berat.

Waktu SMA, walau sudah banyak hal yang mulai dilakukan dengan mandiri, namun masih bisa kapan saja minta bantuan ke orang tua. Kalau ada apa apa, orang tua masih bisa turun tangan bahkan bertanggungjawab atas diri kita. Makanya raport SMA masih diberikan ke orang tua murid.

Tidak seperti Kuliah, selama kuliah orang tua tidak diwajibkan, bahkan tidak ada undangan untuk mengambil transkrip semester mahasiswa. Karena mahasiswa sudah dianggap lebih dewasa dari siswa SMA. Mahasiswa sudah dianggap dapat bertanggungjawab atas studinya. Selain itu, seorang mahasiswa kost, dia juga mulai diberi bertanggung jawab atas kehidupannya. Walau tiap bulan orangtua masih mengirim uang, namun harus mulai bisa mengatur sendiri kehidupannya. Tidak tinggal dengan orang tua berarti bebas melakukan apa saja, diberi kepercayaan berarti diberi tanggung jawab, tangguang jawab atas kehidupan pribadinya. Kalau ada masalah, harus mulai bisa menyelesaikannya sendiri.

Ketika sang mahasiswa sudah lulus dan bekerja di suatu instansi setidaknya ada dua tanggungjawab baru yang diemban. Pertama tanggung jawab sebagai sarjana, kedua tanggung jawab atas job description di instansi tempatnya bekerja. Memegang gelar sarjana membuat masyarakat sekitar berharap kita dapat melakukan lebih dari yang belum bergelar sarjana, dan ini tidak mudah, cukup berat. Bertanggung jawab atas job description di instansi kita bekerja berarti kita dituntut profesional, sudah mendapat gaji berarti kita harus disiplin, mengerjakan tugas dengan baik, menaati peraturan, karena apa yang kita kerjakan tidak lagi hanya berimbas pada diri kita, namun juga masyarakat yang labih luas, minimal instansi kita dan stakeholder-nya, dan sekali lagi, hal ini berat.


Sampai disini fase kehidupan yang sudah saya jalani, jadi setidaknya saya sudah memiliki 3. tanggungjawab dasar, antara lain :

1. Tanggung jawab atas diri sendiri
2, Tanggung jawab atas gelar sarjana
3. Tanggung jawab atas job description di instansi tempat bekerja.

Untuk orang orang yang melewati fase kehidupan yang lebih tinggi, tentu memiliki tanggung jawab yang lebih dari yang saya miliki.

Di bayangan saya, Setelah menikah, seseorang akan langsung mendapat 3 tanggung jawab yang berat. Pertama tentu tanggung jawab atas kehidupan istri yang baru saja dinikahinya, kedua adalah tanggung jawab atas keluarga sendiri. Karena saya melihat, seseorang yang sudah menikah dianggap jauh lebih dewasa dari yang belum menikah, sehingga diharapkan sudah bisa membantu keluarga besar.  Menjaga kehormatan keluarga besar, Kemudian ketiga adalah tanggung jawab atas keluarga istri, dan tentunya kehormatannya.

Di Bayangan saya lagi setelah seseorang menikah dan kemudian membangun rumah, menjadi bagian dari kehidupan bertetangga. Maka dia punya tanggung jawab baru, tanggung jawab atas masyarakat sekitarnya, minimal tetangganya. Bagaimana dia dan keluarganya dapat membuat kehidupan bertetangga dan bermasyarakat yang nyaman misalnya.

Di Bayangan saya lagi, setelah suatu keluarga tersebut dikaruniai anak, maka kehidupan anak ini menjadi tanggung jawabnya. Juga tanggung jawab untuk mendidiknya, tanggung jawab untuk mengajarkannya mengenal Allah, menaati perintahNya dan menjauhi laranganNya. Apalagi bila yang dilahirkan adalah anak perempuan, maka bapaknya memiliki tanggung jawab untuk mencarikan jodoh, dsb.

Yang saya sebutkan di atas barulah bayangan tanggung jawab yang ada di pikiran saya. Saya yakin masih banyak tanggung jawab yang harus diemban sebagai seorang manusia dewasa. Berat memang, namun di sanalah seninya, di sanalah ujiannya, Bukan keluhan, namun sebuah renungan, and The Show Must Go On.

9 comments:

  1. karena itulah Allah memilih lelaki untuk memimpin keluarganya dengan memberinya punggung yang kuat, karena di tidak hanya bertanggung jawab untuk dirinya sendiri... dan dari rasa sayang Allah terhadap hambanya, Allah pun memberikan pendamping yang akan menjaga punggung pasangannya agar selalu kuat.

    selamat berkarya, selamat menebar manfaat... bang helmy..

    Karena cintalah, doa keselamatan tak pernah terputus untukmu.. *edisi sok puitis..

    ReplyDelete
  2. @fahmi achmad »»» d(^^)b

    ReplyDelete
  3. Namun, untuk memiliki punggung yang kuat juga perlu proses, dan bisa jadi kita sudah mendapat beban di punggung sebelum punggung kita kuat menahannya. Namun kalau mudah dan ringan terus, maka punggung kita tidak pernah kuat. Beban merupakan proses untuk membuat punggung kuat.

    Kemudian memperoleh pendamping hidup yang "menguatkan" punggung tersebut adalah perhiasan yang paling indah, begitu kata Rosulullah.

    Wallahualam.

    ReplyDelete
  4. (y) like this..

    karena semuanya kembali pada proses bagaimana mewujudkannya. dan proses menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan.. hanya orang yang mimpi di siang bolong saja yang bilang, semuanya bisa dilakukan dan didapatkan dengan instan..

    selamat menjalani setiap proses dari pematangan hidup bang helmy.. semoga Allah selalu memberi petunjuk.. :)
    salam cinta dan keselamatan untukmu dimana saja engkau berkarya.. :)

    ReplyDelete
  5. Trimakasih atas doanya Mi, semoga kebaikan dan keberkahan selalu tercurah untukmu, keluargamu, dan orang orang sholeh disekitarmu :)

    ReplyDelete
  6. menarik dan bermanfaat nih infonya
    senang sekali bisa mampir ke blog anda
    terimakasih banyak gan

    ReplyDelete
  7. http://bolatengahmalam8.blogspot.co.id/2017/06/juventus-terobsesi-menjadi-juara.html
    http://situscerita88.blogspot.sg/2017/06/syarat-habib-rizieq-shihab-pulang-ke.html
    http://bacaberita007.blogspot.sg/2017/06/menjadi-viral-kisah-pemberian-nama.html
    http://novelkapal.blogspot.sg/2017/06/game-bima-x-tutup-usia.html

    Ayo Bergabung Bersama Kami Seru Lhoo.....^^

    ReplyDelete
  8. http://agenpelangi4d.blogspot.com/2017/06/ini-lah-sajam-yang-serig-di-bawa-orang.html
    http://beritaterkinipelangi4d.blogspot.com/2017/06/alassanb-perspura-tuakr-jadwal-dengan.html
    http://wikipelangi88.blogspot.com/2017/06/belum-puas-memfitnah-pak-ahok-dan.html
    http://seputarpelangi4d.blogspot.com/2017/06/karen-di-marahhin-orang-tua-di-karena.html

    ReplyDelete
  9. http://perkedel838838.blogspot.com/2017/06/red-notice-ditolak-polri-bakal.html
    http://bolapelangi838.blogspot.com/2017/06/perempuan-ini-pergi-ke-mall-cuma-untuk.html
    http://bolapelangionline838.blogspot.com/2017/06/pamer-paha-mulus-ayu-ting-ting-ibunda.html

    JUDI ONLINE BOLA TERPERCAYA:)

    ReplyDelete

Silahkan memberikan komentar, tolong gunakan kata kata yang sopan.
Bhs Indonesia, Boso Jowo, English.... tidak masalah

Powered by Blogger.

Mutiara Hikmah

Yang Sedang Banyak Dibaca

Shout Box

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Sahabat Bloggerku

Komentar Komentar Terbaru

International opportunities

Eramuslim

Web hosting for webmasters